Introduction

Kamis, 17 Februari 2011

KHASIAT SI MUNGIL KERSEN

KHASIAT SI MUNGIL KERSEN




Siapa si yang ga tahu buah atau tanaman yang ada diatas ? Tanaman ini banyak tumbuh di pinggir jalan dengan buah yang kecil-kecil dan berwarna merah kalau sudah masak. Ya inilah buah yang tidak asing bagi kita semua yaitu keres atau kersen atau yang dalam bahasa guyonan kita leci jawa yang mempunyai nama latin (Muntingia calabura).

Meski kecil dan liar tapi buah ini ternyata di dalamnya terkandung senyawa yang penting bagi kesehatan. Jus buah keres dapat digunakan oleh Atlet untuk mencegah cedera otot.

Zat-zat yang terkandung dalam buah keres :

Air (77,8 gram), Protein (0,384 gram), Lemak (1,56 Gram), Karbohidrat (17,9 gram), Serat (4,6 gram), Abu (1,14 gram), Kalsium (124,6 mg), Fosfor (84mg), Besi (1,18 mg), Karoten (0,019g), Tianin (0,065g), Ribofalin (0,037g), Niacin (0,554 g) dan kandungan Vitamin C (80,5 mg) nilai Energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram,

Manfaat Daun dan Buah Kersen

1. Antiseptik – Rebusan daun kersen ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik.
Rebusan daun kersen terbukti dapat membunuh bakteri sbb: C. Diptheriae , S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil.
Diduga aktivitas anti bakteri dari daun kersen ini disebabbkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya.

2. Antiinflamasi – Rebusan daun kersen juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas.

3. Antitumor – Daun kersen dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, dimana kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun kersen ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.

4. Anti Uric Acid (Asam Urat) – Di Indonesia secara tradisional buah kersen telah digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat tsb.

5. Antidiabetes – 50 – 100 g daun kersen yang telah dicuci bersih direbus dalam 1 liter air hingga mendidih dan tersisa separuhnya. Hasil rebusan itu diminum 2 kali sehari. Jika menggunakan ekstrak daun kering, 2 – 5 g diseduh dalam 200 ml air. (Suaramedia.com)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar